Ungkap Ronald Koeman Mengenai Kasus Barcagate

Wartabola.id – Ronald Koeman bisa menjabat sebagai pelatih Barcelona berkat Josep Maria Bartomeu. Kini Bartomeu tersandung skandal dan sempat ditahan.

Mantan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu jadi satu dari empat orang yang ditahan kepolisian Catalunya terkait skandal Barcagate. Bartomeu menginap semalam di tahanan, sebelum akhirnya bebas setelah tim pengaracaranya membayar jaminan.

Bartomeu ditangkap kepolisian Catalunya di rumahnya pada Senin (01/03). Penangkapan pria 58 tahun tersebut bersamaan dengan penggeledahan kantor Barcelona oleh pihak kepolisian.

Penangkapan Josep Maria Bartomeu ini berkaitan dengan skandal Barcagate yang menerpanya. Penguasaha Spanyol itu diduga menggunakan jasa buzzer untuk menyerang lawan-lawannya di media sosial, sewaktu dirinya masih memimpin Barcelona.

Isu ini membesar karena dugaan korupsi. Bartomeu diduga menggelembungkan ongkos jasa penggunaan buzzer hingga 600%, lalu mengakalinya dengan memecah transaksi menjadi sejumlah pembayaran dalam jumlah kecil.

Kasus ini jadi salah satu pemicu Bartomeu mendapatkan mosi tidak percaya, hingga akhirnya mundur dari jabatannya pada Oktober 2020 lalu. Tahun lalu, Barca juga diguncang sejumlah kasus kekisruhan internal dan ancaman pergi Lionel Messi.

Koeman punya hubungan yang baik dengan Bartomeu, karena sang mantan presiden klub itulah yang membawanya kembali sebagai pelatih. Pria Belanda tersebut turut sedih ketika mendengar kabar Josep Maria Bartomeu ditahan kepolisian.

“Ketika berita itu keluar, saya ikut terpukul karena saya kenal balik dia dan juga Oscar Grau, yang termasuk di antara empat orang yang ditangkap sambungnya.

“Saya turut merasa prihatin buat mereka, karena saya punya sejumlah momen besar dengan mereka, meskipun kebersamaan kami hanya singkat. Buat saya, Bartomeu sudah selalu menjadi sosok yang luar biasa,” tandas Ronald Koeman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *