Statistik Kepa Arrizabalaga Memang Buruk Sekali, Chelsea Cari Pengganti

Kepa

Wartabola.id – Ada rumor Kepa Arrizabalaga musim panas ini akan segera didepak Chelsea, yang  juga hendak mencari kiper baru. Tidak heran karena statistiknya memang buruk sekali.

Kepa Arrizabalaga direkrut Chelsea dari Athletic Bibao pada musim panas 2018. Nilai transfer sebesar 80 juta dijadikannya penjaga gawang termahal sepanjang masa.

Di Musim pertamanya, ia mampu memperlihatkan sejumlah aksi memesona di bawah mistar gawang, antara lain lewat sejumlah penyelamatan dalam menghadapi tendangan penalti.

Keberhasilan Chelsea menjuarai Liga Europa 2018/2019 bisa dikatakan tidak lepas dari kontribusi besar Kepa. Dalam adu penalti di leg kedua semifinal lawan Eintracht Frankfurt, ia membuat dua penyelamatan krusial demi meloloskan The Blues ke final/

Performa Kepa musim ini malah dapat banyak kritikan. Sportbible bahan menjuduli sebuah artikel anyarnya dengan ‘Kepa Arrizabalaga punya presntase penyelamatan terburuk dalam sejarah Premier League’.

Merujuk ke PremierLeague.com, Kepa berada di posisi ke-13 dalam daftar kiper dengan jumlah clean sheet terbanyak musim ini. Ia ‘cuma’ clean sheet delanapan kali, kalah separuh dari Ederson (Manchester City) yang berada di posisi teratas

Dicatat pula bahwa gawangnya kebobolan sampai 47 kali di Premier League musim ini dengan jumlah 55 penyelamatan. Sebagai gambaran lebih jauh, gawang Chelsea bobol 54 gol Premier League pada musim ini atau kebobolan lebih banyak gol dibandingkan 10 tim lain.

Bahkan Brighton yang finis di posisi ke-15, kebobolan jumlah gol yang sama. Statistik dari akun Twitter LDNFootball yang dikutip Sportbible kemudian menggarisbawahi buruknya performa seorang Kepa Arrizabalaga di bawa mistar gawang Chelsea.

“Ia punya presentase penyelamatan terburuk dalam sejarah Premier League dengan 54,5 persen. Posisi ke-730 . Dalam dua tahun, ia sudah kebobolan 8 persen gol Chelsea di Premier League sejak 1992. Dari 47 gol yang bersarang di gawangnya, Kepa tidak bergerak sama sekali sebanyak 14 kali (30 persen).”

Perkara Kepa sampai mati langkah 14 kali dari 47 gawangnya kebobolan tentu merisaukan untuk Chelsea. Apalagi sebuah pemodelan dari Opta mengenai potensi gol mengestimasi bahwa ia harusnya bisa kebobolan 11 gol lebih sedikit di Premier League musim ini.

Tidak heran jika Chelsea sudah mencari penggantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *