Pengamat Berikan Pandangannya Mengenai Shin Tae-yong Dan PSSI

Wartabola.id -Pengamat sepakbola nasional Tommy Welly memprediksi Shin Tae-yong kini diperhadapkan pada dua kemungkinan. Posisinya saat ini sebagai pelatih Timnas Indonesia antara dipecat atau mundur.

Hal itu dikatakan Tommy Welly menyusul polemik diantara Shin dengan PSSI saat ini. Tanda tanya mulai muncul ketika Shin Tae-yong yang masih berada di Korea Selatan, curhat mengenai sejumlah hal termasuk situasinya saat ini.

Tae-yong mengaku sulit datang ke Indonesia karena Covid-19. Untuk meneruskan programnya, ia ingin membawa Timnas U-19 menggelar pemusatan latihan di Negeri Gingseng. PSSI belum mengabulkan hal itu dan minta Shin untuk balik ke Indonesia.

Mengutip Detik Sport, situasi makin tajam seiring dengan pembentukan Satgas tim nasional. Ketua Satgas Timnas Indonesia Syarif Bastaman pun minta agar Shin Tae-yong segera ke Indonesia atau akan dievaluasi dengan salah satu konsekuensi kemungkinan dipecat.

Sehubungan dengan itu, Tommy Welly menyebut Tae-yong pasti punya pertimbangan sendiri sehingga sampai bicara blak-blakan. Dalam petikan wawancara dengan detikSport, Welly membahas soal kan pemecatan sang pelatih.

“Kenapa Shin berbicara seperti itu mungkin dari komunikasi yang tidak nyambung (dengan federasi). Dia dihadapkan pada situasi yang tidak bisa dia tahan. Paradoks juga karena waktu Desember, federasi begitu percayanya kepada Shin dengan menyerahkan semua level timnas di tangannya, kemudian enam bulan setelahnya dibentuk satgas. Jadi tidak proposional menurut saya,” katanya.

“Sebagai pelatih yang sudah level dunia, tentu dia tahu apa yang dia ucapkan dan konsekuensinya Tidak asal. Jadi indikasinya sudah kelihatan, ujungnya sudah kelihatan. Jelas buat saya sebagai pengamat, semoga dugaan saya salah, tapi sepertinya Shin akan dihadapkan pada posisi dipecat atau mundur,” tegas Tommy.

Beberapa kali Welly memang melontarkan dugaan mengenai komunikasi yang tidak berjalan antara PSSI dengan Shin Tae-yong sehingga kini memuncak. Situasi yang tampak tidaj harmonis ini jelas jauh dari ideal.

“Jika tidak ada keharmonisan PSSI dengan pelatih timnas, sementara di depan ada target besar(Piala Dunia U-20), ini kan mustahil. Bagaimana bisa kerja sama jika awalnya begini. Makannya saya memprediksi, dugaan sebagai pengamat hanya dua, kalau tidak dipecat, ya Shin mundur,” tuturnya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *