Pemimpin Asosiasi Sepak Bola Swiss Sarankan Pelaksanaan Euro di Satu Tempat

Wartabola.id – Dengan Euro 2020 yang semakin dekat pelaksanaannya, yakni pada bulan Juni hingga Juli mendatang, UEFA tengah mempersiapkan segala sesuatunya untuk memastikan bahwa kompetisi sepak bola antarnegara di Eropa tersebut dapat berjalan meski di tengah pandemic COVID-19 yang hingga kini masih melanda berbagai negara-negara di Eropa.

Pelaksanaan Euro 2020 seharusnya dilaksanakan pada bulan Juni hingga Juli di tahun 2020, tetapi sebagai akibat dari penyebaran wabah coronavirus yang saat itu tengah memuncak, pihak UEFA memutuskan untuk menunda pelaksanaan kompetisi penentu tim sepak bola terbaik di benua Eropa tersebut selama satu tahun, yakni setelah musim 2020-2021 berakhir, dengan harapan wabah telah membaik dan orang-orang dapat kembali ke aktivitasnya seperti biasa.

Pada kenyataannya hal tersebut tidak terjadi. Hingga saat ini, wabah virus tersebut semakin menguat yang mengakibatkan beberapa negara di Eropa memutuskan untuk melaksanakan karantina tingkat nasional agar penyebaran virus tersebut tidak semakin parah.

Dikabarkan oleh Mirror bahwa terdapat beberapa alternatif terkait kehadiran penonton dalam laga pelaksanaan Euro 2020 nanti, yakni dengan kapasitas penuh untuk skenario pertama dan 50% untuk skenario kedua, serta tanpa penonton sebagai skenario terburuk.

Selain itu, terkait tempat pelaksanaan, muncul wacana bahwa dengan kondisi berbagai negara-negara Eropa yang tengah berusaha untuk mencegah penyebaran coronavirus dengan karantina, tempat pelaksanaan yang semula akan dilaksanakan di 12 kota di 12 negara berbeda akan memperbesar kemungkinan penyebaran virus tersebut sehingga lebih baik pelaksanaan kompetisi tersebut di satu tempat saja, seperti yang dilakukan pada Champions League di musim lalu.

Pemimpin Asosiasi Sepak Bola Swiss, Dominique Blanc, menyarankan agar pelaksaan Euro berada di satu tempat untuk efisiensi dan menjaga keselamatan semua pihak yang terlibat.  Dalam sebuah wawancara dengan 24 Heures, yang dikutip dari Inside The Games, Blanc mengatakan, “Salah satu opsi adalah untuk melakukan Euro di satu negara, seperti Rusia atau Jerman.”

“Opsi kedua adalah memilih kota metropolitan dengan stadium yang cukup untuk melaksanakan pertandingan keenam grup. London, misalnya.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *