Mikel Arteta Pelajari Cara Kepelatihan Juergen Klopp

Mikel Arteta mengaku belajar dari kesuksesan Liverpool menjuarai Liga Inggris. Menurutnya, pelatih The Reds sudah selaras dalam hal filosofi dan pemilihan pemain.

Liverpool berhasil mengunci gelar juara Premier League pada Jumat (26/06) dengan menyisakan tujuh pertandingan yang belum dimainkan. Ini menjadi titel liga pertama Liverpool dalam 30 tahun terakhir.

Juergen Klopp dianggap berperan besar dalam merombak Liverpool dari masa-masa sulit menuju puncak kejayaan. Sejak direkrut ke Anfield pada 2015, ia mengubah cara bermain The Reds dan merekrut pemain-pemain yang cocok dengan filosofi permainannya.

Kemampuan Klopp mentransformas Liverpool dengan gaya permainan sesuai filosofinya itu yang ingin diadaptasi Arteta bersama Arsenal. Menurutnya, The Gunner bisa mencontoh Liverpool meraih sukses dengan filosofi jelas dan keputusan tepat dalam merekrut pemain.

“Liverpool adalah contoh bagus untuk melihat jika hal tersebut memungkinkan. Tapi itu membutuhkan banyak pekerjaan dan keputusan yang tepat dari semua orang,” kata Arteta dilansir dari Mirror.

“Pertama-tama, Anda harus percaya pada apa yang dilakukan dan dilihat juga jika semua sudah selaras dengan keyakinan itu. Kemudian Anda mulai membuat keputusan yang tepat dalam hal perekrutan untuk mendapatkan pelatih yang bisa mengindentifikasi filosofi yang dibutuhkan untuk klub dan dipercaya oleh para penggemar,” tambah Arteta.

“Anda juga membutuhkan pemain yang 100 persen berkomitmen kepada manajer serta klub untuk memberikan yang terbaik setiap waktu. Anda harus bertanya tipe pemain seperti apa yang mau direkrut? Apakah dia cocok dengan budaya klub?”

“Setelah itu dari segi kualitas, posisi apa saja yang dibutuhkan? Perlahan Anda mulai bersaing menjadi lebih baik. Papan klasemen menunjukka seberapa jauh kami melangkah saat ini,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *