Mantan Pemenang FA Cup Meninggal Dunia

Wartabola.id – Dunia sepak bola kembali berduka. Pada hari Minggu kemarin waktu setempat, mantan pemain Portsmouth yang berhasil memenangkan trofi FA Cup pada tahun 2008 silam, Papa Bouba Diop telah meninggal dunia di usianya yang ke 42 tahun.

Menurut Mirror, dikabarkan mantan pesepakbola asal Senegal tersebut meninggalkan karena penyakit Charcot-Marie-Tooth yang telah diidapnya sejak lama.

Dirinya bermain di tingkat profesional untuk pertama kalinya untuk klub asal Swiss, Neuchâtel Xamax di musim 2000-2001 dan Grasshopper di musim 2001-2002. Dirinya kemudian hijrah ke klub Ligue 1, RC Lens pada tahun 2002 dengan kontrak yang dikabarkan memiliki durasi selama 5,5 tahun.

Bermain baik dengan Lens membuat Fulham merekrutnya untuk bermain di Premier League di musim 2004-2005 dengan dana yang diperkirakan mencapai 6 juta poundsterling dengan kontrak berdurasi selama 4 tahun.

Di musim 2007-2008, dirinya baru berhasil mendapatkan trofi pertamanya dan satu-satunya di persepakbolaan Inggris dengan mendapatkan trofi FA Cup bersama Portsmouth kala melawan Cardiff City dengan skor 0-1.

Setelahnya, dirinya hengkang untuk bermain di liga Yunani bersama AEK Athens sebelum pada akhirnya kembali lagi ke tanah Inggris untuk bermain bersama West Ham United dan Birmingham City, klub terakhirnya.

Dirinya juga dikenal di tingkat tim nasional, yakni dengan menjadi pemain yang mencetak satu-satunya gol kemenangan ke gawang juara bertahan 1998, Prancis pada laga pembukaan FIFA World Cup di Jepang-Korea Selatan tahun 2002 silam.

Dengan meninggalnya Diop, tidak sedikit pihak-pihak yang berkaitan dengan sepak bola yang mengucapkan belasungkawa mereka, seperti pihak klub-klubnya terdahulu: Lens, Fulham, Portsmouth serta tingkat tim nasional dengan Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Senegal, Victor Cisse yang mengucapkan penghormatan terakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *