Lyon Bisa Saja Ajukan Protes Terkait Wasit Untuk Pertandingan Lawan City

Wartabola.id – Pada pertandingan babak perempat final Champions League antara Manchester City dengan Olympique Lyonnais/Lyon yang akan dilakukan pada hari Sabtu mendatang waktu setempat di Estadio Jose Alvalade, UEFA telah menentukan wasit yang akan bertugas dalam pertandingan tersebut.

Menurut Goal, wasit tersebut adalah Danny Makkelie. Dirinya merupakan seorang mantan opsir polisi asal Belanda yang bertugas sebagai asisten wasit untuk Video Assistant Referee (VAR) pada pelaksanaan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Pemberitaan tersebut menyebutkan bahwa Lyon bisa saja merasa keberatan dengan wasit pilihan UEFA tersebut karena bisa terjadi konflik kepentingan yang terjadi yang dapat memberikan pengaruh terhadap klub asal Belanda, Ajax Amsterdam.

Apabila Manchester City lolos, maka Ajax akan lolos ke fase grup Champions League musim depan secara otomatis. Sementara, jika Lyon yang lolos, maka Ajax akan ditempatkan di fase kualifikasi Champions League yang menyebabkan klub besar Eredivisie tersebut memiliki risiko kehilangan pemasukan dana yang besar apabila mereka gagal lolos ke fase grup.

Mantan wasti Belanda yang bertugas pada saat laga final Champions League antara Bayern Munchen dengan Valencia, Dick Jol berpendapat bahwa keputusan Makkelie sebagai wasit dalam pertandingan tersebut akan memberikan tekanan yang sangat besar terhadapnya apabila ada keputusan besar yang harus diambilnya.

Kepada The Telegraaf, Jol mengatakan, “UEFA seharusnya tidak menugaskan Danny Makkelie dalam pertandingan tersebut. Bisakah Anda bayangkan apa yang akan dikatakan oleh harian surat kabar Perancis nantinya? Mereka akan mengritiknya habis-habisan bahkan sebelum kick off dimulai.”

“Secara finansial dalam kegiatan olah raga, banyak hal yang dipertaruhkan dalam pertandingan ini. Makkelie tidak bersalah. Saya tidak meragukan integritasnya sedikitpun.”

Apabila merasa keberatan, pihak Lyon bisa mengajukan komplain kepada UEFA untuk mengganti Makkelie dengan wasit lain, seperti yang terjadi pada wasit asal Belanda lainnya, John Blackenstein yang semulanya akan menjadi wasit pada pertandingan antara Barcelona dengan AC Milan pada tahun 1994 silam.

Pada saat itu, Blackenstein digantikan oleh Philip Don, wasit asal Inggris karena Milan mengajukan komplain terhadap penugasan Blackenstein yang dianggap berisiko tidak objektif, mengingat pada saat itu pelatih Barcelona adalah Johan Cruyff, seorang pelatih asal Belanda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *