Lolos Kualifikasi Euro, Skotland Dapatkan Dana Segar

Wartabola.id – Dikabarkan oleh Sky Sports bahwa tim nasional sepak bola Skotlandia berhasil mendaptakan dana segar dari UEFA karena telah lolos babak kualifikasi dan masuk ke babak grup Euro 2020 yang akan dilaksanakan pada bulan Juni mendatang.

Pada bulan Desember lalu, tim nasional Skotlandia sendiri baru saja mencatatkan sejarah baru bagi persepakbolaan Skotlandia dengan berhasil lolos dan bermain dalam sebuah turnamen sepak bola besar untuk pertama kalinya sejak tahun 1998 silam dengan berhasil mengalahkan tim nasional Serbia melalui adu pinalti dalam babak final playoff setelah imbang dengan skor 1-1.

Dalam pertandingan yang dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2020 di Crvena Zvezda Stadium, Serbia menjadi tuan rumah dalam laga playoff. Skotlandia berhasil unggul lebih dulu dengan gol dari Ryan Christie di menit ke 52. Memanfaatkan bola dari Callum McGregor, Christie melakukan tendangan yang mengenai tiang dan bergulir ke gawang Serbia yang dijaga oleh Predrag Rajkovic.

Luka Jovic mampu membalas gol tersebut di injury time babak kedua dengan sundulannya dan memaksa kedua tim bermain dengan perpanjangan waktu, yang juga tidak mampu membedakan kedua tim yang berakhir dengan adu pinalti.

David Marshall menjadi pahlawan bagi Skotlandia dengan menepis pinalti terakhir Serbia yang dilakukan oleh Aleksandar Mitrovic yang sekaligus mengukuhkan mereka sebagai peserta Euro 2021 di musim panas mendatang.

Dengan demikian, mereka akan menempati grup D bersama dengan negara tetangga mereka, Inggris beserta 2 negara lainnya, yakni Kroasia dan Republik Ceko. Skotlandia akan memulai pertandingan mereka pada tanggal 14 Juni di markas mereka, Hampden Park.

Semenetara itu, bukan hanya mampu mencetak sejarah dengan kembali bermain di kompetisi besar selama absen bertahun-tahun, tim nasional Skotlandia juga mendapatkan dana segar sebesar 8,3 juta poundsterling yang diterima oleh Asosiasi Sepak Bola Skotlandia (SFA).  Jumlah tersebut bisa bertambah apabla Skotlandia mampu mencapai beberapa capaian tertentu.

Apabila mereka berhasil memenangkan laga grup, mereka akan mendapatkan dana tambahan sebesar 1,1 juta poundsterling, dan apabila mereka imbang mereka hanya mendapatkan 700 ribu poundsterling. Apabila mereka berhasil lolos dari babak grup, mereka akan mendapatkan dana tambahan sebesar 1,8 juta poundsterling.

Jika mereka berhasil memenangkan semua laga yang dapat mereka mainkan dalam pelaksanaan Euro 2020, jumlah maksimal dana yang dapat mereka terima adalah 30 juta poundsterling.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *