Harry Maguire sempat bilang Manhester United saat ini banyak dirugikan keputusan wasit, khususnya VAR. Sebuah data mengungkap fakta berbeda.

Dilansir SportBible.com yang merujuk pada data ESPN, Manchester United bahkan menjadi tim ‘enam besar’ Premier League musim ini yang paling banyak mendapat keuntungan lewat keputusan yang dibatalkan VAR.

“Seperti dipublikasikan ESPN, tidak ada tim lain dari ‘big six’ yang punya lebih banyak pembatalan keputusan oleh VAR untuk keuntungan buat mereka.”

Dalam data tersebut, secara terperinci ada tujuh keputusan amcam itu yang didapatkan oleh Manchester United. Berikutnya ada masing-masing lima untuk Chelsea dan Liverpool, empat bagi Tottenham Hotspur, tiga untuk Manchester City dan satu untuk arsenal.

Merujuk lebih lanjut pada data tersebut, keputusan-keputusan VAR yang menguntungkan Manchester United itu salah satunya adalah kartu merah buat Jan Bednarek di laga melawan Southampton. Saat itu Setan Merah pesta gol 9-0.

Di sisi lain, di laga lawan West Bromwich Albion lalu memang ada keputusan VAR yang merugikan The Red Devils, setelah Man United tidak dapat penalti usai Semi Ajayi dianggap tidak melakukan pelanggaran terhadap Harry Maguire di menit ke-64.

Insiden itu juga pada prosesnya dikeluhkan oleh Harry Maguire. “Itu jelas-jelas penalti karena ada sentuhan walau minim dan saya sampai terjatuh. Saya tidak mengerti mengapa kami tidak mendapatkannya. Tapi keputusan-keputusan saat ini sepertinya banyak merugikan kami walaupun memang tidak boleh mengandalkan VAR. Kami harus berbuat lebih banyak di dalam laga.”

Selain itu, Harry Maguire juga komplen dengan gol West Bromwich Albion dalam laga yang berakhir imbang 1-1 tersebut. Dalam gol WBA saat itu, Mbaye Diagne terlihat dalam tayangan ulang mendorong Victor Lindelof di kotak penalti.

“Ini sangat membuat frusrasi. Kami tahu gol pertama sangat penting ketika anda datang ke sini, tapi itu jelas pelanggaran,” kata Maguire dalam lama resmi Manchester United.