FIFA Larang Klub Ikuti Liga Super Eropa, Hukuman Tidak Boleh Bermain Di Euro 2020

Wartabola.id – Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) buka suara terkait adanya kompetisi baru yang bertajuk Liga Super Eropa. Menurut FIFA, kompetisi itu illegal dan mereka telah menyiapkan hukuman bagi pemain yang tergabung dalam kompetisi tersebut.

“FIFA dan enam konfederasi lain (AFC, CAF, Concacaf, CONMEBOL, OFC, dan UEFA) sekali lagi ingin menegaskan kembali dan sangat menekankan bahwa kompetisi semacam itu tidak akan diakui oleh FIFA atau konfederasi masing-masing,” tulis pernyataan resmi FIFA.

Diwartakan Mirror, FIFA dan enam konfederasi sepak bola lainnya telah mengumumkan bahwa setiap pemain yang bergabung dalam Liga Super Eropa akan dilarang berkompetisi pada turnamen internasional, seperti Piala Dunia dan EURO.

“Setiap klub atau pemain yang terlibat dalam kompetisi seperti itu (Ilegal), tidak akan diizinkan untuk berpartisipasi dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh FIFA atau konfederasi masing-masing,” tegas FIFA.

Menurut FIFA, Liga Super Eropa dilarang karena bertentangan dengan undang-undang FIFA dan konfederasi.

“Prinsip universal seperti prestasi, solidaritas, promosi, degradasi, dan subsidiaritas adalah dasar dari piramida sepak bola yang memastikan kesuksesan global sepakbola dan itulah yang diabadikan dalam undang-undang FIFA serta konfederasi,” terang FIFA.

“Sepak bola memiliki sejarah panjang dan sukses berkat prinsip-prinsip tersebut. Partisipasi dalam kompetisi global dan continental harus dijunjung di lapangan,” pungkasnya.

Sebenarnya, wacana pembentukan Liga Super Eropa ini sudah mencuat sejak lama. Tujuannya adalah untuk menyajikan kompetisi yang lebih berkualitas dari Liga Champions, karena nanti yang bermain adalah klub-klub top di Eropa.

Diwartakan Mirror, Man United, Man City, Arsenal, Chelsea, Tottenham, dan Liverpool disebut-sebut sebagai calon kuat yang akan meramaikan Liga Super Eropa. Tidak hanya itu, ada juga Barcelona, Real Madrid, Bayern Muenchen, dan PSG yang turut serta.

Karena pesertanya diisi oleh klub-klub besar Eropa dan menyajikan pemain bintang, hal ini dipercaya akan menarik banyak sponsor dan uang pemasukan. Meskipun akan semakin memberikan kesengjangan finansial antara klub besar dan kecil.

Spekulasi bergulirnya Liga Super Eropa ini juga diperkuat setelah adanya pertemuan antara Presiden Real Madrid, Florentino Perez dengan Presiden Juventus, Andrea Agnelli yang juga merupakan Ketua Asosiasi Klub Eropa (ECA).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *