Everton Menegaskan Transfer James Rodriguez Bebas Biaya

Wartabola.id – Transfer James Rodriguez sempat memicu kebingungan terkait besaran ongkos yang harus harus diekluarkan Everton ke Real Madrid. Everton memastikan transfernya gratis.

Everton merekrut James Rodriguez dari Real Madrid pada musim panas tahun lalu. Saat itu beredar kabar The Toffees membayar 20 juta paun, sementara BBC mengklaim ongkosnya tidak lebih dari 12 juta paun.

Angka itu menjadi masuk akal karena geladang asal Kolombia tersebut berada di tahun terakhir kontraknya dengan Madrid, ia juga tidak masuk rencana Zinedine Zidane. Rodriguez dikontrak dua tahun oleh Everton, dengan opsi perpanjangan setahun.

Tapi kemudian muncul klaim dari klub Rodriguez, yakni Banfield, bahwa transfer itu tidak melibatkan uang sepeser pun. Rodriguez membela klub Argentina itu pada 2008-2010  silam.

Banfield mengetahui transfer Rodriguez cuma-cuma setelah mencari tahu soal solidarity payment yang akan mereka terima. Solidarirt payment singkatnua adalah uang ganti terhadap klub yang membina seorang pemain dalam rentang usia 12-23 tahun.

Besaran solidarity payment bisa mencapai 5%, kemudian dibagi ke klub-klub yang menaungi si pemain dalam rentang usia tersebut. Klaim Banfield soal transfer Rodriguez itu pada akhirnya dikonfirmasi Everton.

“Itu adalah salah satu bursa transfer yang paling sulit dan aneh. Kami merekrut enam pemain baru, salah satunya secara percuma atau gratis adalaha James Rodriguez,” ungkap Direktur Keolahragaan Everton Marcel Brands kepad aLiverpool Echo.

James Rodriguez dibeli Madrid seharga 63 juta paun dari AS Moncao pada 2014 silam. Ia musim ini sudah tampil 14 kali di seluruh ajang  bersama Everton, mencetak tiga gol dan lima assist.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *