CONCACAF Umumkan Format Kualifikasi Piala Dunia Terbaru

Wartabola.id – Sebagai respons dari efek wabah coronavirus yang hingga kini masih melanda berbagai negara di dunia, termasuk di benua Amerika, badan otoritas sepak bola di wilayah Amerika Utara dan Tengah, CONCACAF telah mengumumkan format kualifikasi Piala Dunia 2022 terbaru.

Dikutip dari Reuters, dalam format terbaru tersebut, pertandingan akan dibagi dalam 3 ronde dengan ronde pertama akan dilaksanakan pada bulan Oktober dan November mendatang dengan tim nasional yang menduduki posisi 6 hingga 35 menurut daftar CONCACAF per 16 Juli lalu akan dibagi dalam 3 grup.

Ronde kedua yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2021 mendatang akan mempertemukan 6 tim nasional yang berhasil lolos dari fase pertama melawan satu sama lain dalam jadwal yang telah ditentukan untuk menentukan 3 tim nasional yang berhak bermain di ronde ketiga.

Ronde ketiga akan mempertemukan 3 pemenang ronde kedua sebelumnya dengan 5 tim nasional teratas dari CONCACAF, yakni Meksiko, Amerika Serikat, Costa Rika, Jamaika, dan Honduras dalam babak final dengan 8 tim. Setiap tim nasional akan bermain sebanyak 14 kali dengan sistem kandang-tandang melawan tujuh tim lainnya yang akan dilaksanakan mulai pada bulan Juni 2021.

Tiga tim teratas dari ronde ketiga tersebut akan menjadi perwakilan CONCACAF dalam Piala Dunia 2022 yang akan dilaksanakan di Qatar, sementara tim keempat akan mengikuti play off antarbenua pada bulan Juni 2022 mendatang.

Terkait format baru tersebut, presiden CONCACAF, Victor Montagliani mengatakan bahwa format ini memiliki rencana cadangan di dalamnya,termasuk penjadwalan ulang yang sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh FIFA, yang dapat digunakan apabila ancaman baru COVID-19 suatu saat nanti muncul kembali di  masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *