Capaian Sejarah Timnas Skotlandia Jadi Bagian Pembelajaran Bagi Anak Sekolah

Wartabola.id – Tim nasional Skotlandia sendiri baru saja mencatatkan sejarah baru bagi persepakbolaan Skotlandia dengan berhasil lolos dan bermain dalam sebuah turnamen sepak bola besar untuk pertama kalinya sejak tahun 1998 silam dengan berhasil mengalahkan tim nasional Serbia melalui adu pinalti dalam babak final playoff Euro 2020setelah imbang dengan skor 1-1.

Dalam pertandingan tersebut, Skotlandia berhasil unggul lebih dulu dengan gol dari Ryan Christie di menit ke 52. Memanfaatkan bola dari Callum McGregor, Christie melakukan tendangan yang mengenai tiang dan bergulir ke gawang Serbia yang dijaga oleh Predrag Rajkovic.

Luka Jovic mampu membalas gol tersebut di injury time babak kedua dengan sundulannya dan memaksa kedua tim bermain dengan perpanjangan waktu, yang juga tidak mampu membedakan kedua tim yang berakhir dengan adu pinalti.

David Marshall menjadi pahlawan bagi Skotlandia dengan menepis pinalti terakhir Serbia yang dilakukan oleh Aleksandar Mitrovic yang sekaligus mengukuhkan mereka sebagai peserta Euro 2021 di musim panas mendatang.

Dengan demikian, mereka akan menempati grup D bersama dengan negara tetangga mereka, Inggris beserta 2 negara lainnya, yakni Kroasia dan Republik Ceko. Skotlandia akan memulai pertandingan mereka pada tanggal 14 Juni di markas mereka, Hampden Park.

Tentunya momen bersejarah tersebut merupakan momen yang patut diapresiasi dan dipelajari oleh generasi-generasi penerus Skotlandia dan hal tersebutlah yang mereka lakukan dengan meluncurkan inisatif Learning Through Football, sebuah inisiatif untuk menggunakan sepak bola untuk melatih literasi dan olah angka anak-anak sekolah Skotlandia.

Dikutip dari situs Asosiasi Sepak Bola Skotlandia (SFA), inisiatif tersebut diluncurkan pada tanggal 15 Desember lalu di Sekolah Dasar Miller (Miller Primary School) di Castlemilk. Program tersebut dikabarkan sudah tergabung dalam kurikulim nasional Skotlandia dan terdiri dari 40 aktivitas yang bisa diunduh oleh guru terkait pelaksanaan UEFA Euro dan hal yang berkaitan dengan sepak bola, terutama tim nasional Skotlandia.

Tentunya langkah baik ini didukung penuh oleh 2 tokoh tim nasional Skotlandia, yakni pelatih utama, Steve Clarke dan penjaga gawang David Marshall. Menurut Clarke, langkah ini merupakan langkah penting karena dirinya merupakan langkah besar untuk memasukkan sepak bola dalam kurikulum pendidikan dan sebagai wadah apresiasi terhadap tim nasional Skotlandia yang telah bersusah payah tampil kembali ke kejuaraan besar dengan lolos ke Euro 2020.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh Marshall, yang berharap bahwa apa yang telah mereka capai dapat mendorong anak-anak sekolah untuk terus berkembang dan membuka gerbang baru kepada mereka untuk dapat bekerja dalam industri sepak bola.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *