Athletic Bilbao Raih Trofi Supercopa de Espana

Wartabola.id – Tim La Liga asal daerah Basque, Athletic Bilbao mendapatkan trofi pertama mereka di musim 2020-2021 kali ini dengan mengalahkan tim raksasa Barcelona dalam laga final Supercopa de Espana yang dilaksanakan pada hari Minggu kemarin waktu setempat di Estadio de la Cartuja dengan skor tipis 2-3 setelah melakukan babak perpanjangan waktu.

Trofi tersebut merupakan trofi pertama Athletic Bilbao di musim ini sekaligus trofi pertama untuk Marcelino Garcia Toral yang didatangkan klub sebagai pengganti dari Gaizka Garitano yang dipecat sebelumnya.

Dalam pertandingan tersebut, sejak menit pertama Athletic Bilbao memberikan tekanan kepada tima suhan Ronald Koeman yang berujung dengan tendangan dari Inaki Williams  yang masih dapat diantisipasi oleh Marc Andre Ter Stegen.

Raul Garcia, pemain Athletic Bilbao yang mencetak 2 gol pada pertandingan semi final melawan Real Madrid, mencoba untuk mengulangi prestasinya di babak final ini, tetapi Ter Stegen lagi-lagi mampu mencegah bola masuk ke gawangnya.

Lionel Messi mencoba untuk mencetak gol ketika mendapatkan tendangan bebas dengan melakukan tendangan langsung di menit ke 24, tetapi tendangannya tersebut masih mampu diantisipasi dengan sempurna oleh Unai Simon yang bertindak sebagai penjaga gawang Athletic Bilbao.

Menit ke 25, Ander Capa ikut ingin mencetak gol, tetapi tendangan jarak jauhnya masih melambung ke atas gawang Ter Stegen.

Menit ke 40, Antoine Griezmann mampu memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang Unai Simon dan mampu melakukan tendangan terhadap bola liar yang ada yang berujung gol ke gawang Athletic Bilbao.

Skor 1-0 tersebut tidak bertahan lama karena Athletic Bilbao mendapatkan gol balasan di menit berikutnya berkat permainan dari Oscar de Marcos yang mampu melepaskan diri dari penjagaan Jordi Alba dan melakukan tendangan ke gawang Ter Stegen setelah dirinya menerima umpan dari Inaki Williams. Skor 1-1 bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, kedua tim terus memberikan tekanan terhadap satu sama lain, sebelum pada akhirnya Griezmann mendapatkan gol keduanya yang membuat Barcelona unggul di menit ke 77 setelah mendapatkan assist dari Jordi Alba.

Namun, Athletic Bilbao mampu memaksa Blaugrana untuk bermain di babak perpanjangan waktu ketika Asier Villalibre mampu mencetak gol di menit ke 90 setelah dirinya mampu memanfaatkan bola umpan dari tendangan bebas yang dilakukan oleh Iker Muniain.

Atheltic Bilbao mampu mendapatkan gol pamungkas mereka di babak pertama perpanjangan waktu, tepat di menit ke 93 berkat gol dari Inaki Williams yang memanfaatkan assist dari Muniain dan melakukan tendangan jarak jauh yang melesat ke tiang kiri atas dan memantul ke dalam gawang Ter Stegen.

Pertandingan ini diwarnai oleh tindakan kontroversial yang dilakukan oleh Lionel Messi jelang akhir babak kedua perpanjangan waktu ketika dirinya terlihat oleh Video Assistant Referee (VAR) memukul Villelibre di bagian kepala hingga penyerang Athletic Bilbao tersebut terjatuh.

Skor 2-3 tersebut bertahan hingga akhir dan membuat Athletic Bilbao menjadi jawara Supercopa de Espana 2021. Mereka masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan 1 trofi lagi, yakni dalam laga final Copa del Rey musim lalu melawan rival mereka, Real Sociedad yang ditunda akibat efek dari wabah COVID-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *