Categories
Liga Perancis

Amiens Gugat Ligue 1 Terkait Keputusan Degradasi Klub ke Ligue 2

klub Ligue 1 Amiens akan menggugat liga …

Amiens Gugat Ligue 1 Terkait Keputusan Degradasi Klub ke Ligue 2

Wartabola.id – Menurut pemberitaan dari Sport Business, dikabarkan bahwa klub Ligue 1 Amiens akan menggugat liga terkait keputusan yang diambil yang menyebabkan klub tersebut harus turun kasta ke Ligue 2.

Pihak penyelenggara liga, FLP akhirnya memutuskan untuk menghentikan musim Ligue 1 2019-2020 sesuai arahan dari pemerintah Perancis melalui Perdana Menteri Edouard Phillipe yang melarang dilaksanakannya kegiatan olah raga profesional hingga September karena pandemi coronavirus.

Untuk menentukan klub mana yang harus turun kasta dan yang akan dipromosikan, FLP menggunakan sistem rata-rata poin per-pertandingan. Dengan demikian, hasil yang didapatkan adalah Paris Saint Germain keluar sebagai juara, Amiens dan Toulouse harus terdegradasi, serat RC Lens dan Lorient yang akan dipromosikan dari Ligue 2.

Posisi Amiens sendiri berjarak 4 poin dari zona aman sebelum pada akhirnya Ligue 1 dihentikan dengan menyisakan 10 pertandingan.

Presiden klub Amiens, Bernard Joannin mengatakan bahwa hasil tersebut merupakan keputusan yang tidak adil dan menekankan bahwa dirinya tidak keberatan mengenai keputusan untuk mengakhiri musim, tetapi keberatan dengan bagaimana caranya klubnya diputuskan untuk terdegradasi.

Joannin mengatakan, “Sebuah liga terdiri dari 38 pertandingan. Hasil yang tercipta dari 28 hari pertandingan tidak menampilkan seluruh performa yang telah ditunjukkan oleh tim. Kita ambil contoh Lille, dua tahun lalu di hari pertandingan ke 28 mereka berada di posisi 19 dan dengan sisa 10 pertandingan mereka berhasil lolos dari degradasi dengan berada di posisi ke 17.”

“Kami bertarung atas ketidakadilan ini karena kami menemukan bahwa keputusan ini bertentangan dengan aspek adil dari olah raga. Ini adalah keputusan yang meragukan dan kami meminta agar keputusan degradasi tersebut dibatalkan.”

“Saya yakin keputusan ini diambil dengan tergesa-gesa tanpa ada konsultasi terlebih dahulu. Lihatlah cabang olah raga lain seperti rugby, handball, bola basket, mereka tidak ada tim yang terdegradasi. Hanya sepak bolalah yang membuat keputusan seperti ini. Masih ada alternatif lain yang lebih adil secara olah raga dan legal menurut hukum.”

Dengan demikian, Joannin memilih untuk membawa masalah ini ke meja hijau dengan alasan bahwa pihaknya memiliki dasar argumen yang legal, serta dirinya yakin bahwa masih ada keadilan yang akan membuktikan kebenaran miliknya.

Tidak hanya itu, pengacara klub, Christope Bertrand telah mengumumkan bahwa pihaknya telah memberikan 2 surat gugatan kepada pengadilan administratif Paris. Bertrand dikabarkan juga tidak setuju atas keputusan yang diambil FLP terkait terdegradasinya Amiens ke Ligue 2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *